Cara Mengganti Template di Blog Tanpa Menurunkan Visitor

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh para blogger saat mengganti template adalah menurunnya jumlah visitor / pengunjung secara drastis, ada yang berpendapat bawha visitor akan kembali normal dalam waktu 2-3 bulan.

Pada kenyataannya itu semua hanyalah MITOS yang sudah terlanjur dipercaya, saya pribadi sudah membuktikannya. Template yang saya gunakan selau di update dan terkadang saya ganti secara total, namun tidak pernah menemukan kendala menurunnya visitor.

Penyebab visitor menurun saat mengganti template

Salah satu faktor yang menyebabkan berkurangnya visitor saat menganti template adalah kualitas template yang buruk. Pastikan Anda memilih template yang SEO Friendly (SEO on-page) yang sudah teruji. Pastikan juga skor pagespeed template yang baru diatas 90.

Panduan mengganti template blog tanpa menurunkan visitor blog


  • Pilih Template Yang Mempunyai Susunan Layout TerbaikJika ingin mengganti tampilan template blog dengan template lain yang jauh lebih bagus pastikan menggunakan template yang memiliki tampilan jauh lebih baik dan susunan layout yang bagus dari template sebelumnya.Seperti apa sih susunan layout template yang bagus itu ? Khusus untuk tampilan dekstop paling tidak ada tata letak Sidebar yang mana terdiri dari Header Blog, Navigasi Blog, Kemudian Sidebar sebelah kanan. Yang paling baik sidebar sebelah kanan. Nah untuk mendapatkan template seperti ini sepertinya Google sudah memberikan banyak template baru di blogspot. Silahkan dicoba.
  • Ganti Template Pada Jam 5 Pagi Kenapa harus jam 5 Pagi ? Hal ini ditujukan agar pergantian template tidak mempengaruhi page views dari para pengunjung, jika anda mengganti template pada jam-jam dimana orang masih belum tidur dan sedang browsing sana kemari di Internet pastinya ketika anda mengganti template akan mengganggu mereka. Hal seperti ini akan membuat pengunjung malah kabur karena pastinya tampilan blog masih berantakan. Nah jika diganti pada jam 5 pagi tidak ada orang yang sedang browsing.
  • Jangan Lupakan Kode Script Pada Template Lama Jika anda tidak ingin blog anda menurun ketika mengganti template maka jangan lupakan kode Script SEO yang ada di template lama, ada beberapa kode penting yang harus anda pindahkan dari template lama ke template baru yaitu. Kode Verifikasi Google webmaster, Kode akun Google plus, Kode Verifikasi Bing Atau Yahoo, Kode Pelacakan Google Analytic, Kode Verifikasi Alexa dan kode atau script SEO. Kode-kode ini begitu penting untuk diletakan didalam template karena membantu Robot Google dengan mudah bisa merayapi seluruh halaman blog anda.
  • Lakukan Update artikel setelah Pergantian Template Yang berikutnya jangan lupa untuk melakukan update artikel setelah anda mengganti template anda dan kemudian langsung submit kembali ke Google webmaster, cara ini bertujuan agar blog yang tadinya baru diganti bisa direspon kembali oleh Robot google. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pengunjung.
  • Pertanyaan yang sering diajukan ? Saya sudah mencoba semua tips diatas, kenapa masih tidak berhasil ? Biasanya dikarenakan pemilihan template yang kurang bagus atau tidak sebaik dari template lama. Kriteria template yang bagus : Ringan, Perpaduan warna enak dipandang, Responsive dan SEO Friendly. Untuk mendapatkan template seperti itu tentu saja harus memesan pada jasa desain template, dan mencarinya di Internet, tapi saat ini di Internet banyak sekali template ringan yang sudah bisa didownload dan digunakan baik template blog yang gratis maupun yang berbayar atau premium.
DanzZe

Hanya seorang pengangguran yang senang belajar di internet^^

Lebih baru Lebih lama