Reset System Di Samsung Galaxy Tab 7" P1000

Reset System Di Samsung Galaxy Tab 7" P1000
Photo Credit: Google Image
Berawal dari permintaan beliau untuk mengecek nomor kontak koleganya di Samsung Galaxy Tab-nya, saya keceplosan ngomong: Ini gadget keren kok performanya busuk banget, Pak.... :D

Well.. Memang beliau tidak marah, tapi omongan asal nyeplos saya tersebut akhirnya berbuntut panjang: Saya diminta memperbaiki performa Tab yang saya bilang busuk tersebut :))... sebenarnya sih ngga panjang-panjang juga, karena kondisinya yang sedang ngga santai, saya anggap perintah tersebut jujur saja bikin mumet :D

Jadilah sepanjang perjalanan menuju hotel, pikiran saya bercabang: Menyiapkan bahan presentasi, menahan rasa lapar, dan nafsu untuk segera mengobrak-abrik Tab si Boss yang sudah "dipasrahkan" nasibnya kepada saya.

Sedikit gambaran, biar kalian yang baca ngga salah paham dengan kata busuk yang saya ucapkan. Galaxy Tab 7" milik si boss saya sebut busuk karena kriteria-kriteria ini jadi bagian dari Tab tersebut:
  • Lemot
  • Ngga responsif
  • Super lambat
  • Blablabla yang pada intinya ya masalahnya ada di point pertama : Lemot!!! (point-point selanjutnya hanya bersifat menuhin artikel aja sih :p )
  • Sering hang alias nge-freeze
Nah, ketika santai di lobby hotel sambil nikmatin secangkir kopi susu yang tidak berasal dari susu murni si nona ( :| ) dengan rasa yang tidak jelas antara susu dan kopi, saya sempatkan untuk mulai sedikit-sedikit ngakalin lemotnya si Tab.

  • Pertama, jelas saya liat aplikasi yang - Masya Allah - berjubel menuhin memori internal dan eksternal!
  • Mulai pelan-pelan hapusin 1 per 1 aplikasi-aplikasi yang saya anggap tidak perlu
  • Scan virus
  • Dan lain-lainnya yang hasilnya ujung-ujungnya tidak memuaskan.

Nah,pada akhirnya saya memutuskan untuk me-reset system di Samsung Galaxy Tab tersebut. Dan hasilnya, cukup lumayan :))

Nah, gimana caranya? Yang saya tau, ada 2 cara untuk melakukan factory reset di Samsung Galaxy Tab 7" P1000, yaitu:
Melalui OS Android

  • Menu > Setting > Privacy > Factory data reset
  • Baca dan ikuti panduan yang diberikan secara benar

Melalui Hard Reset dengan kombinasi tombol

  • Pastikan GTab dalam kondisi mati, atau tekan dan tahan tombol Power selama kurang lebih 10 detik
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power bersama-sama, dan saat muncul logo pada layar, lepas tombol Power sambil tetap menekan tombol Volume.
  • Tampilan halaman Recovery yang mirip dengan BIOS akan muncul. Gunakan tombol Volume untuk bergerak ke atas/bawah dan tempatkan pada pilihan "wipe data/factory reset" dan tekan tombol Power untuk memilih. 

Tunggulah beberapa saat maka GTab akan kembali seperti kondisi awal. Sebelum bisa digunakan kembali, di awal akan muncul menu konfigurasi yang harus anda lakukan. Ikuti saja sesuai dengan instruksi yang muncul di layar.
DanzZe

Hanya seorang pengangguran yang senang belajar di internet^^

Lebih baru Lebih lama